Bunyi Beep Pada Komputer



Add caption


Bunyi beep pada computer bisa mempermudah agan agan dalam mengetahui kerusakan pada computer lewat media suara, contohnya pada saat proses booting terdengar bunyi beep pendek satu kali berarti computer agan dalam keadaan yang baik, tatapi jika pc agan tidak juga menyala coba cek cabel VGA agan apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak ke monitor. Jika monitor menyala tapi tidak ada bunyi “beep” sebelumnya, coba agan cek internal motherboard agan. Nah berikut bunyi beep beserta artinya :






1. Bunyi 'beep' pendek 1 kali, mengindikasikan bahwa komputer anda telah berhasil melakukan dan menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk proses boot-up komputer.


2. Bunyi 'beep' pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.

3. Bunyi 'beep' panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada perangkat keras Motherboard atau Memory anda, coba cek ulang apakah kedua perangkat tersebut masih bisa berfungsi/terpasang dengan baik atau tidak.

4. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.

5. Bunyi 'beep' panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard, coba cek keyboard anda, atau coba kencangkan sambungan kabel dari keyboard yang biasanya terpasang ke port serial, ps2, ataupun usb.

6. Bunyi 'beep' panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.

7. Bunyi 'beep' panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.

8. Bunyi 'beep' pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).

9. Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi 'beep' beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).

Kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS, untuk jenis BIOS yang lain kemungkinan memiliki kode bunyi beep yang berbeda. Semoga bermanfaat :)

Comments

Post a Comment

Popular Posts